Menulis Buku Ajar
Resume ke : 22
Gelombang : 29
Tanggal : 14 Agustus 2023
Tema : Menulis Buku Ajar
Narasumber : Dr. Mudafiatun
Isriyah,M.Pd.
Moderator : Sigid PN, SH
Buku
Ajar merupakan hal yang menjadi bagian dari guru yang tidak bisa
terpisahkan. Mengapa buku ajar dibuat
oleh pihak lain bukan kita gurunya sendiri. Saatnya melangkah membuat buku ajar
untuk anak didik yang kita sayangi.
Bersama
Narasumber luar biasa, Dr. Mudafiatun Isriyah,M.Pd. Peraih nominasi buku
Perpusnas terbaik nasional. Lahir di Lumajang, 21 April 1969. S1 PAI UMM
Malang, S1 BK UNIPAR Jember, S2 PAUD UNESA Surabaya, S3 BK UM Malang
Beeliau
juga pemenang buku terbaik 1 (Tema Pendidikan Jarak Jauh) Perpusnas 13
September 2021) Judul Buku: Implementasi Social Presence dalam Bimbingan Online
dalam Perspektif Komunikasi Personal, Interpersonal dan Impersonal. Masih
banyak lagi prestasi beliau, misalnya:
Kepala
sekolah berprestasi sekaligus sebagai konselor.
Pengalaman
bekerja di antaranya: Mengelola PAUD PGRI Tempeh Kab. Lumajang (TK dan KB), Asesor
BAN PAUD dan PNF sampai sekarang, Mengajar Prodi BK di UNIPAR Jember sampai
sekarang, Kepala Lab. PAUD UNIPAR, Ketua
Prodi BK UNIPAR, Mengajar Prodi BK
UNIPAR sampai sekarang, dan Mengajar Pascasarjana UNIPAR sampai sekarang
Saat
ini kita berhadapan dengan siswa milenial, kita tertinggal dalam hal
pemanfaatan teknologi dibanding siswa kita. Oleh sebab itu perlu mengimbangi
kebutuhan siswa agar mereka senang dan tidak jenuh menerima materi kita sehingga
informasi tersampaikan dengan baik.
1. Tentukan
Tujuan dan Sasaran. Pahami tujuan dan sasaran dari buku
ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan digunakan untuk mengajar mata
pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan khusus, atau mendukung metode
pembelajaran tertentu?
2. Riset
dan Konten. Kumpulkan materi pelajaran yang akan dimasukkan
ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan,
dan lain sebagainya. Pastikan konten yang disertakan akurat, relevan, dan
sesuai dengan kurikulum atau standar yang berlaku.
3. Struktur
dan Penyusunan. Rencanakan struktur buku ajar. Bagi
konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir dengan baik. Pertimbangkan
konsep yang disajikan. Tulisan mengandung unsur 5W 1 H
4. Desain
dan Tata Letak. Pertimbangkan desain visual buku
ajar. Biasanya ini domain penerbit.
5. Gaya
Penulisan. Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan
bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang
terlalu teknis jika buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa dari berbagai latar belakang.
6.
Mulai
Menulis. Dengan melibatkan guru yang lain, bisa diskusi,
studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.
7. Review
dan Uji Coba. Sebelum menerbitkan buku, mintalah
umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan. Uji coba buku di kelas atau
dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi perbaikan.
8. Legalitas.
Uji Plagiasi, memiliki izin atau lisensi
yang diperlukan untuk menggunakan materi sendiri. Ini termasuk gambar,
ilustrasi, kutipan, dll.
9. Penerbitan.
Pilih opsi penerbitan ingin menerbitkan
buku dalam bentuk cetak atau digital. di sini sudah ada beberapa penerbit seperti
OASE
10. Media Pendukung
(Opsional). Buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti
situs web pendukung, video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital.
Ini dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna.
Buku
ajar adalah capaian pembelajaran dan menjadi prestasi seorang guru.
KEUNTUNGAN
BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN
ü Promosi &
Kenaikan Pangkat
ü Mendapatkan
insentif
ü Finansial-Royalti
ü Eksistensi
diri
ü Media Ekspresi
ü Branding
Personal dan Institusi
ü Penguatan
Keilmuan; dll. Eksistensi diri
ü Media Ekspresi
Buku
ajar penting bagi guru. Buku Ajar merupakan buku ilmiah berupa uraian materi
pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas,
digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)
SIMPULAN PERTANYAAN DAN JAWABAN
1. Iah Sutianah, Kab. Bandung. Modul ajar
PAUD dan LK 'Lembar Kerja'. Hindari lembar Kerja buku karena PAUD belajar bereksplorasi, jangan di beri
template, tetapi berikan kertas kosong untuk memunculkan imajinasi, perbanyak
praktek langsung dengan alam atau benda, bukan dihadapkan dengan LK. Jika
membuat buku PAUD, buatlah buku story reading sesuai dengan aturan yg berlaku, tetapi
bukan KOMIK, buku yang sesuai dengan tahap perkembangannya
2. Kalau untuk guru PAUD, modul ajar
misalnya bagaimana cara mendongeng, membuat media, dll
3. Story reading adalah buku bacaan untuk
PAUD, Buku Bercerita, penulisannya
tertentu, harus 12 halaman dan 1 cover. Buku
Seri berbeda, buku yang disarankan untuk PAUD boleh buku berseri dengan ketentuan sesuai penulisan buku PAUD. Kalau buku untuk guru bisa bebas seperti buku
populer lainnya
4.
Rosjida. Buku ajar untuk anak mulai
belajar membaca dan berhitung sebaiknya sejak anak usia PAUD (0-6) tahun. Jadi
sudah seharusnya diberikan buku bacaan, namun sesuai dengan usia dan tahap
perkembangannya
Susunan
modul ajar yang baik dan tepat untuk homeschooling sejatinya sama dengan proses
penulisan buku modul lainnya, hanya disesuaikan dengan tujuan dan kurikulum
sendiri
Susunan modul ajar untuk homeschooling:
1.
Pengantar dan Tujuan,
2.
Materi Pembelajaran,
3.
Aktivitas dan Latihan,
4.
Pembahasan dan Penjelasan Tambahan,
5.
Evaluasi,
6.
Rangkuman dan Refleksi,
7.
Sumber Belajar Tambahan,
8.
Proyek atau Karya Akhir,
9.
Catatan atau Jurnal.
10.
Kegiatan Interaktif,
11.
Konsultasi dan Dukungan,
12.
Peta Proses Belajar,
13.
Kesimpulan:
Akhiri
modul ajar dengan pesan ringkas yang menginspirasi dan mendorong siswa untuk
terus belajar.
susunan
buku homeschooling bisa bebas sesuai dg rancangan kurikulum dari pemilik
homeschooling
5. Indah Martini, Bandar Lampung. Syarat untuk membuat buku ajar minimal berapa sumber yang kita pakai? Sebenarnya tidak ada batasan berapa referensi yg dirujuk, namun sebagai patokan ilmiah karena buku ajar adalah buku ilmiah, minimal setiap bab ada 10 referensi. Jadi dalam 1 buku jika ada 6 bab bisa 60 referensi. Namun tidak demikian, buku yg dipakai di BAB 1 bisa juga di gunakan di BAB 2,
JENIS-JENIS BUKU AJAR
BUKU AJAR: Buku pegangan untuk suatu matakuliah
yang ditulis dan disusun oleh pakar bidang terkait dan memenuhi kaidah
pembelajaran (sesuai Rencana Pembelajaran) serta diterbitkan secara resmi dan
disebarluaskan
BUKU MODUL: Buku dalam bentuk modul-modul
terpisah sesuai dengan pokok bahasan, disusun berdasarkan rancangan
pembelajaran, dan disebarluaskan kepada mahasiswa untuk digunakan dalam
kegiatan pembelajaran
DIKTAT:
Buku untuk suatu matakuliah yang ditulis dan disusun oleh pengajar matakuliah
tersebut, mengikuti kaidah tulisan ilmiah dan disebarluaskan kepada peserta
kuliah.
PETUNJUK
PRAKTIKUM: Buku pedoman pelaksanaan praktikum yang berisi tata cara, persiapan,
pelaksanaan, analisis data pelaporan, ditulis oleh dosen atau tim dosen yang
menangani kegiatan praktikum dan ditulis dengan kaidah-kaidah tulisan ilmiah.
NASKAH
TUTORIAL: Bahan rujukan untuk kegiatan tutorial suatu mata kuliah yang
disusun/ditulis oleh pengajar mata kuliah atau tim pelaksana tutorial dan
ditulis dengan kaidah tulisan ilmiah
BUKU
HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN:
BUKU
REFERENSI: Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam
bentuk buku yang substansi, pembahasannya pada satu bidang ilmu, ditulis
mengikuti kaidah ilmiah dan disebarluaskan secara resmi
MONOGRAF:
Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk buku
yang membahas hanya pada satu hal saja dalam suatu bidang ilmu.
Buku
narasumber yang menang itu masuk dalam buku hasil penelitian, yaitu buku
referensi
PRINSIP-PRINSIP
PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
PRINSIP RELEVANSI: Materi pembelajaran
hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian
capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan
yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi
pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta
PRINSIP
KONSISTENSI/KEAJEGAN: Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan
akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari
taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam,
maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
PRINSIP
KECUKUPAN: Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu
mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu
sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang
membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir.
Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak
perlu untuk mempelajarinya
SISTEMATIKA
BUKU AJAR
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar
Pustaka
Senarai
(glossary)
Membuat
buku ajar memerlukan dedikasi, waktu, dan usaha, tetapi hasilnya dapat
memberikan dampak positif pada pendidikan dan pengajaran.
A
Wan Bong:
Ketika
para amatir dan penulis pemula menunggu mood untuk bisa menulis, para penulis
profesional tetap menulis dalam kondisi apa pun suasana hati mereka. Mood atau
tidak, profesional akan tetap menulis. Seorang penulis tidak mengandalkan apa
yang ada di sekitarnya. Mereka senantiasa menulis, bahkan di saat krisis pun
terjadi. Maka dari itu, menulis adalah cara terbaik untuk mengungkapkan setiap
perasaannya terjadi.
Mike
Murdock:
Kamu
tidak akan pernah bisa mengubah hidupmu sampai berhasil mengubah sesuatu yang
kamu lakukan setiap hari. Jangan menganggap remeh pada sesuatu yang dianggap
kecil, karena suatu saat nanti akan berubah jadi nilai yang besar. Sama seperti
yang kamu lakukan hari ini. Menulis pelan-pelan hingga terus belajar dan
melakukannya setiap hari, sampai tak sadar dapat mengubah hidupmu menjadi lebih
baik
Roger
Von Oech:
Kebanyakan
orang menganggap bahwa kesuksesan dan kegagalan sebagai dua hal yang
berlawanan, tetapi tidakkah mereka tahu bahwa keduanya adalah produk dari
sebuah proses yang sama. Semua keinginan butuh proses untuk mencapainya. Di
dalam proses tersebut pun kamu pasti akan menemukan kegagalan dan keberhasilan.
Kalau gagal, artinya kamu sedang berproses agar lebih banyak belajar lagi.
Sedangkan kesuksesan pun sama merupakan proses kamu untuk bisa belajar cara
mempertahankannya
Anonim
Perjalanan
ribuan kilometer selalu dimulai dari satu langkah kecil.
mulailah dari langkah kecil kita,
Terima kasih kepada Ibu Mudafiatun
Isriyah atas bimbingan dan materinya. Semoga sukses dan sehat selalu. Ilmu yang
diberikan menjadi berkah bagi kita semua. Aamiin.
Comments
Post a Comment