Pemasaran Buku

Resume ke : 20

Gelombang : 29

Tanggal : 9 Agustus 2023

Tema : Pemasaran Buku.

Narasumber : Agus Subardana, SE., M.M.

Moderator :Helwiyah, S.Pd.,M.M.

 

Buku dan pemasaran merupakan dua hal yang berhubungan bagaikan  air dan biotanya. Memasarkan sebuah karya dan benda tentu ada persamaan dan perbedaannya. Pertemuan ke 20 akan mengupas semuanya.

Pada resume ke 20, Pemasaran Buku. Nara sumber Agus Subardana, SE., M.M. akan membimbing peserta KBMN 29. Bergabung di Penerbit Andi Jogjakarta lebih dari 18 tahun. Pernah menjadi dosen selama 4 tahun di STIE Mandala.

 Strategi Pemasaran Buku. Merupakan rencana yang dirancang untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan buku kepada target audiens dengan tujuan meningkatkan penjualan dan visibilitas buku.

Strategi pemasaran buku minimal ada lima, antara lain:

1.   Memasarkan buku secara online. Bisa mencapai audiens yang luas dan potensial. Beberapa langkah pemasaran online yaitu:

a.      Buat platform online. Bisa website, blog atau took online. Tujuannya

ü  Mengkampanyekan informasi produk

ü  Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan yang sudah ada.

ü  Menjaga stabilitas penjualan.

ü  Membandingkan dan menonjolkan keunggulan produk

ü  Membentuk citra produk

b.   Optimalkan website. Pastikan ebsite menarik, mudah dinavigasi, dan berfokus pada buku Anda. Sertakan deskripsi menarik, kutipan, ulasan positif serta informasi tentang penulis. Pastikan situs web responsive ubtuk berbagai perangkat.

c.       Jual melalui took online seperti amazon, eBay, Shopee, Bukalapak,Tokopedia, lazada, dll.

d.     Gunakan Media Sosial. Manfaatkan platform FB, IG, WA, Twitter, Linkedlin. Posting secara konsisten berbagai informasi tentnag buku.

e.   Blogging. Tulis blog atau artikel yang berkaitan dengan topic buku. Hal ini dapat menaingkatkan otoritas Anda sebagai penulis dan menarik perhatian pembaca.

f.   Email  Marketing. Kumpulkan alamat email dari pengunjung situs web atau pembaca yang berminat. Kirim kepada mereka pembaruan berkala tentang buku baru, promosi dan berita terkini.

g.   Kolaborasi dan review. Ajak kolaborasi dengan blogger atau influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan buku Anda.

h.  Penawaran khusus. Tawarkan promosi khusus seperti discount khusus atau bundle dengan produk lain.

i.        Pengiklanan online. Pertimbangkan platform Google Ads atau media social.

j.   Ulasan dan rekomendasi. Ajak pembaca yang telah membeli buku Anda meberikan ulasan dan merekomendasikan kepada teman. Hal ini dapat membangun kepercayaan.

k.   Ebook dan Auidobook. Selain cetakan fisik, pertimbangkan juga versi ebook dan audiobook sebagai pilihan.

l.       Lacak dan evaluasi.

 

2.      Pemasaran buku melalui komunitas. Merupakan strategi yang efektif menjual kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat. Langkahnya:

a.   Identifikasi komunitas yang relevan. Tentukan komunitas yang memiliki minat atau topic yang terkait isi buku.

b. Bergabung dan berinteraksi. Berpartisipasi dan berinteraksi dengan anggotanya, diskusi dan member pandangan, membangun hubungan dapat membantu mendapat kepercayaan dan keakraban.

c.  Berbagi konten berharga. Mulailah dengan berbagi konten berharga terkait topic yang ada dalam buku. Tujuannya membangun kehadiran sebagai sumber pengetahuan yang berharga.

d.   Promosikan buku dengan tepat. Jangan terburu-buru untuk memasarkan buku secara langsung. Dapat berupa tautan ke media social, atau menyelipkan referensi tentang buku Anda dalam percakapan yang relevan.

e.      Berpartisipasi dalam diskusi. Jika topic buku sering muncul dalam diskusi komunitas, ambil kesempatan untuk berkontribusi. Berikan pandangan dan selipkan informasi tentang buku Anda jika konteksnya relevan.

f.        Tawarkan discount khusus. Terutama kepada anggota komunitas.

g.      Bekerjasama dengan pengelola komunitas. Bila memungkinkan mengadakan acara atau konten bersama.

h.   Ulasan dan rekomendasi. Ajak pembaca memberikan ulasan dan rekomendasi.

i.   Workshop. Pertimbangkan mengadakan acara dan workshop terkait dengan topic buku. Hal ini dapat membangun kredibilitas Anda sebagai seorang ahli di bidang tersebut.

j.  Jaga keterlibatan jangka panjang. Pemasaran melalui komunitas adalah membangun hubungan jangka panjang. Mmebrikan nilai dan membangun kepercayaan. Otentik dan tulus akan menjadi peluang memperluas jangkauan dan meningkatkan penjualan.

 

3.      Strategi pemasaran buku offline.

a.      Took buku fisik. Lakukan penelitian menemukan took buku local. Toko buku modern misalnya gramedia, dll. Toko buku semi modern dan toko buku tradisional dengan metode titip jual.

b.      Penjualan langsung / directselling.

 

Target pasar dibagi menjadi beberapa kategori.

1.        Pendidikan. TK, SD, SMP, SMA, SMK

2.        Buku teks Perguruan Tinggi

3.        Buku referensi untuk semua jenjang dan umum

 

Strategi pemasaran directselling:

a.      Segmentasi pasar. Temukan segment pasar yang tepat.

b.      Pengembangan materi penjualan. Persiapkan materi penjualan yang menarik dan informative.

c.       Pelatihan distributor. Mereka perlu memahami dengan baik isi buku, tujuan dan manfaat agar bisa menjual dengan percaya diri.

d.     Paket penjualan. Buat paket penjualan yang menarik, seperti bundling buku dengan bonus tambahan seperti poster dan ebook atau akses konten eksklusif.

e.  Jaringan dan hubungan. Bangun jaringan dengan pihak yang relevan, komunitas, dan kelompok minat yang sama dengan topic buku.

f.   Pameran dan acara. Pameran buku, komunitas yang relevan untuk memperluas jangkauan.

g.      Penawaran khusus atau discount dan promosi kepada pembeli langsung.

h.      Folllow up. Berikan umpan balik dan membangun hubungan jangka panjang.

i.    Fokus pada pengalaman. Pastikan pembeli merasa dihargai dan mendapat pengalaman positif.

j.        Analisis dan penyesuaian. Lakukan analisis terhadap strategi pemasaran.

k.      Dapat pula melalui event, bedah buku, talkshow yang melibatkan penulis.

 

Kesimpulan pertanyaan jawaban

1.      Ibu Isyanti, Syarat menerbitkan buku secara masal. Tidak unsur SARA, pornografi, tidak bertentangan dengan UUD dan Pancasila.

Secara umum penerbit memperhatikan.

Kualitas konten.

Penyuntingan yang cermat.

Segment/pasar sasaran

Proposal buku berisi synopsis, ikhtisar isi, gambaran target pasar, dan keunikan buku.

Naskah lengkap. Siapkan naskah lengkap.

2.      Aripa, Muaro Jambi. Judul buku dapat memengaruhi daya jual. Beberapa cara judul buku dapat memengaruhi daya jual.

Menarik perhatian, menggambarkan isi, menciptakan emosi, mengomunikasikan manfaat, relevansi, kesesuaian, pemahaman internasional.

3.  Pandemi berdampak pada penjualan buku. Dampak positif adanya peningkatan penjualan buku digital. Dampak negative penutupan toko buku fisik, penundaan peluncuran buku baru, penurunan pendapatan penerbit, berkurangnya acara promosi penulis, dll.

 

Strategi pemasaran buku yang sukses melibatkan pemahaman mendalam tentang target audiens. Pemanfaatan berbagai saluruan pemasaran, konten berkualitas, dan pemantauan berkesinambungan terhadap kinerja. Dengan pendekatan yang terencana dan kreatif dapat meningkatkan potensi buku dan kesuksesan pemasaran.

 Terima kasih kepada Bapak Agus Subardana, SE., M.M.,  atas bimbingan dan materinya. Semoga sukses dan sehat selalu. Ilmu yang diberikan menjadi berkah bagi kita semua. Aamiin.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog