Pemasaran Buku
Resume ke : 20
Gelombang : 29
Tanggal : 9 Agustus 2023
Tema : Pemasaran Buku.
Narasumber : Agus Subardana, SE., M.M.
Moderator :Helwiyah, S.Pd.,M.M.
Buku dan pemasaran merupakan dua hal
yang berhubungan bagaikan air dan
biotanya. Memasarkan sebuah karya dan benda tentu ada persamaan dan
perbedaannya. Pertemuan ke 20 akan mengupas semuanya.
Pada resume ke 20, Pemasaran Buku. Nara
sumber Agus Subardana, SE., M.M. akan membimbing peserta KBMN 29. Bergabung di
Penerbit Andi Jogjakarta lebih dari 18 tahun. Pernah menjadi dosen selama 4
tahun di STIE Mandala.
Strategi pemasaran buku minimal ada
lima, antara lain:
1. Memasarkan buku secara online. Bisa mencapai
audiens yang luas dan potensial. Beberapa langkah pemasaran online yaitu:
a.
Buat platform online. Bisa website,
blog atau took online. Tujuannya
ü Mengkampanyekan
informasi produk
ü Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan yang sudah ada.
ü Menjaga
stabilitas penjualan.
ü Membandingkan
dan menonjolkan keunggulan produk
ü Membentuk
citra produk
b. Optimalkan website. Pastikan ebsite
menarik, mudah dinavigasi, dan berfokus pada buku Anda. Sertakan deskripsi
menarik, kutipan, ulasan positif serta informasi tentang penulis. Pastikan situs
web responsive ubtuk berbagai perangkat.
c.
Jual melalui took online seperti
amazon, eBay, Shopee, Bukalapak,Tokopedia, lazada, dll.
d.
Gunakan Media Sosial. Manfaatkan platform
FB, IG, WA, Twitter, Linkedlin. Posting secara konsisten berbagai informasi
tentnag buku.
e. Blogging. Tulis blog atau artikel yang
berkaitan dengan topic buku. Hal ini dapat menaingkatkan otoritas Anda sebagai
penulis dan menarik perhatian pembaca.
f. Email Marketing. Kumpulkan alamat email dari
pengunjung situs web atau pembaca yang berminat. Kirim kepada mereka pembaruan
berkala tentang buku baru, promosi dan berita terkini.
g. Kolaborasi dan review. Ajak kolaborasi
dengan blogger atau influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan buku
Anda.
h. Penawaran khusus. Tawarkan promosi
khusus seperti discount khusus atau bundle dengan produk lain.
i.
Pengiklanan online. Pertimbangkan platform
Google Ads atau media social.
j. Ulasan dan rekomendasi. Ajak pembaca
yang telah membeli buku Anda meberikan ulasan dan merekomendasikan kepada
teman. Hal ini dapat membangun kepercayaan.
k. Ebook dan Auidobook. Selain cetakan
fisik, pertimbangkan juga versi ebook dan audiobook sebagai pilihan.
l. Lacak dan evaluasi.
2.
Pemasaran buku melalui komunitas. Merupakan
strategi yang efektif menjual kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat. Langkahnya:
a. Identifikasi komunitas yang relevan. Tentukan
komunitas yang memiliki minat atau topic yang terkait isi buku.
b. Bergabung dan berinteraksi. Berpartisipasi
dan berinteraksi dengan anggotanya, diskusi dan member pandangan, membangun
hubungan dapat membantu mendapat kepercayaan dan keakraban.
c. Berbagi konten berharga. Mulailah dengan
berbagi konten berharga terkait topic yang ada dalam buku. Tujuannya membangun
kehadiran sebagai sumber pengetahuan yang berharga.
d. Promosikan buku dengan tepat. Jangan terburu-buru
untuk memasarkan buku secara langsung. Dapat berupa tautan ke media social,
atau menyelipkan referensi tentang buku Anda dalam percakapan yang relevan.
e.
Berpartisipasi dalam diskusi. Jika topic
buku sering muncul dalam diskusi komunitas, ambil kesempatan untuk
berkontribusi. Berikan pandangan dan selipkan informasi tentang buku Anda jika
konteksnya relevan.
f.
Tawarkan discount khusus. Terutama kepada
anggota komunitas.
g.
Bekerjasama dengan pengelola
komunitas. Bila memungkinkan mengadakan acara atau konten bersama.
h. Ulasan dan rekomendasi. Ajak pembaca
memberikan ulasan dan rekomendasi.
i. Workshop. Pertimbangkan mengadakan
acara dan workshop terkait dengan topic buku. Hal ini dapat membangun
kredibilitas Anda sebagai seorang ahli di bidang tersebut.
j. Jaga keterlibatan jangka panjang. Pemasaran
melalui komunitas adalah membangun hubungan jangka panjang. Mmebrikan nilai dan
membangun kepercayaan. Otentik dan tulus akan menjadi peluang memperluas
jangkauan dan meningkatkan penjualan.
3.
Strategi pemasaran buku offline.
a.
Took buku fisik. Lakukan penelitian
menemukan took buku local. Toko buku modern misalnya gramedia, dll. Toko buku
semi modern dan toko buku tradisional dengan metode titip jual.
b.
Penjualan langsung / directselling.
Target
pasar dibagi menjadi beberapa kategori.
1.
Pendidikan. TK, SD, SMP, SMA, SMK
2.
Buku teks Perguruan Tinggi
3.
Buku referensi untuk semua jenjang dan
umum
Strategi
pemasaran directselling:
a.
Segmentasi pasar. Temukan segment pasar
yang tepat.
b.
Pengembangan materi penjualan. Persiapkan
materi penjualan yang menarik dan informative.
c.
Pelatihan distributor. Mereka perlu
memahami dengan baik isi buku, tujuan dan manfaat agar bisa menjual dengan
percaya diri.
d.
Paket penjualan. Buat paket penjualan
yang menarik, seperti bundling buku dengan bonus tambahan seperti poster dan
ebook atau akses konten eksklusif.
e. Jaringan dan hubungan. Bangun jaringan
dengan pihak yang relevan, komunitas, dan kelompok minat yang sama dengan topic
buku.
f. Pameran dan acara. Pameran buku,
komunitas yang relevan untuk memperluas jangkauan.
g.
Penawaran khusus atau discount dan
promosi kepada pembeli langsung.
h.
Folllow up. Berikan umpan balik dan
membangun hubungan jangka panjang.
i. Fokus pada pengalaman. Pastikan pembeli
merasa dihargai dan mendapat pengalaman positif.
j.
Analisis dan penyesuaian. Lakukan analisis
terhadap strategi pemasaran.
k.
Dapat pula melalui event, bedah buku,
talkshow yang melibatkan penulis.
Kesimpulan
pertanyaan jawaban
1.
Ibu Isyanti, Syarat menerbitkan buku
secara masal. Tidak unsur SARA, pornografi, tidak bertentangan dengan UUD dan
Pancasila.
Secara
umum penerbit memperhatikan.
Kualitas
konten.
Penyuntingan
yang cermat.
Segment/pasar
sasaran
Proposal
buku berisi synopsis, ikhtisar isi, gambaran target pasar, dan keunikan buku.
Naskah
lengkap. Siapkan naskah lengkap.
2.
Aripa, Muaro Jambi. Judul buku dapat
memengaruhi daya jual. Beberapa cara judul buku dapat memengaruhi daya jual.
Menarik
perhatian, menggambarkan isi, menciptakan emosi, mengomunikasikan manfaat,
relevansi, kesesuaian, pemahaman internasional.
3. Pandemi berdampak pada penjualan buku.
Dampak positif adanya peningkatan penjualan buku digital. Dampak negative penutupan
toko buku fisik, penundaan peluncuran buku baru, penurunan pendapatan penerbit,
berkurangnya acara promosi penulis, dll.
Strategi pemasaran buku yang sukses
melibatkan pemahaman mendalam tentang target audiens. Pemanfaatan berbagai
saluruan pemasaran, konten berkualitas, dan pemantauan berkesinambungan
terhadap kinerja. Dengan pendekatan yang terencana dan kreatif dapat meningkatkan
potensi buku dan kesuksesan pemasaran.
Siap memasarkan buku 👍
ReplyDelete