Teknik Penulisan Resume.


Resume ke : 3
Gelombang : 29
Tanggal : 23 Juni 2023
Tema : Teknik Menulis Resume
Narasumber : Raliyanti, S.Sos, S.Kom, M.Pd
Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Tepat pukul 19:00 WIB atau 21:00 WIT moderator mengucapan salam dan membuka sesi serta menyapa peserta dengan membacakan pantun.  

Pagi hari makan kelapa
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah berjumpa 
Untuk acara yang istimewa


Wanita jelita menjadi biduan
Bingung sejenak cari alamat
Selamat datang tuan dan puan
Semoga acara ini membawa manfaat .
Aamiin

Sebuah pantun yang sangat bagus. Namun sebagai guru Bahasa Indonesia, sedikit mengoreksi. Syarat pantun salah satunya bersajak atau berima ab ab. Sehingga baris pertama dan baris kedua rimanya perlu berbeda.

Pagi hari minum jamu
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah bertemu 
Untuk acara yang istimewa

Wanita jelita menjadi biduan
Bingung sejenak cari alamat
Selamat datang tuan dan puan
Semoga acara ini membawa manfaat .
Aamiin

Malam ini topiknya adalah “Teknik Penulisan Resume”. Dengan materi bagaimanakah cara menulis resume yang baik?  Hal-hal apa saja yang perlu di persiapkan untuk menulis resume? Materi apa sajakah yang bisa dibuat resume?"

Nara sumbernya Ibu Raliyanti adalah seorang guru Informatika yang telah menghasilkan dua buku solo dan beberapa buku antologi. 

Di pertemuan ke-1, beliau berkesempatan menemani Omjay dan malam ini kembali menemani kita sema untuk sharing pengalaman menulis resume di blog. Awalnya Ibu Raliyanti mengikuti kegiatan ini di gelombang 20, bersama pak Dail dan bu Helwiyah. Lalu diajak bergabung ke tim solid omjay oleh bu Aam Nurhasanah untuk menjadi moderator dan membuat flyer.

Seiring waktu diminta juga untuk mendesain cover buku, layout buku dan juga menjadi kurator dan editor. Keajaiban dari menulis yang tidak terbersit sama sekali di benaknya. Sejak dulu, dalam setiap pertemuan kelas belajar menulis, peserta diminta untuk membuat resume dan diposting di blog Link postingannya dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN. 

Peserta berlomba mengumpulkan link postingan resume. Rasanya seru bisa berada di maksimal 5 besar pada urutan list link. Ibu Raliyanti juga sering kalah cepat oleh bu Helwiyah. Selama kegiatan, cuma satu kali di posisi pertama, karena yang lain ternyata bisa jauh lebih cepat mengirim linknya.

Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Dalam resume, kita hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi tapi tidak menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut. 

Ada beberapa format tentang komponen yang harus ada dalam sebuah resume. Resume harus memuat informasi-informasi berikut: 
1. Judul materi dan nama narasumber 
2. Ringkasan singkat tentang tema utama materi. 
3. Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume. 

Cara menulis resume dengan benar yaitu:
1. Amati materi dari narasumber dengan baik. 
2. Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku. 
3. Hindari copy paste seluruh materi narasumber. 
4. Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang sesuai. 
5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup. 
6. Menyusun kembali resume dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki ciri khas.

Hal-hal penting dalam menulis resume:
1. Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh. 
2. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri. 

Agar bisa menulis resume dengan cepat dapat dilakukan dengan menggunakan dua perangkat yaitu laptop/PC dan HP, HP digunakan untuk menyimak materi lalu laptop/pc digunakan untuk membuat resume. Walaupun opsional, akan mendukung kecepatan pada saat pengumpulan link. Selalu menjadi yang tercepat di setiap mengumpulkan resume dapat mendatangkan banyak keuntungan. Selian blog kita ramai dikunjungi, salah satunya biasanya selalu mendapatkan hadiah kejutan berupa buku yang didapatkan dengan gratisan.

Kita semua adalah penulis, namun kita perlu saling membaca tulisan satu sama lain. Berbeda dengan seorang penulis yang sudah terkenal seperti Asma Nadia misalnya, tanpa disuruh, kita pasti mencari tulisannya. Itulah sebabnya mengapa kita harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa tulisan. 

Kita harus yakin dan percaya diri dengan tulisan kita. Sebagai penulis pemula, memang bukan hal yang mudah untuk menumbuhkan sikap percaya diri untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara 

1. Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis. 

2. Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. 

3. Bangunlah tulisan di berbagai blog. Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang monoton. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja.

Menulis di berbagai platform blog yang berbeda juga menanamkan mental penulis mudah beradaptasi. Resume dapat juga dibuat menjadi buku.

1. Buat TOC/Daftar isi. 
2. Pilih resume yang akan dijadikan buku 
3. Copy paste dan pindahkan ke MS Word. 
4. Rapikan 
5. Cari dan kirimkan ke penerbit.

Semoga semua ilmu yang telah beliau berikan memberi manfaat dan menyemangati kita semua untuk tetap mengerjakan resume dan mengirimkan sesuai jadwal.  

Terima kasih dan mohon maaf atas keterlambatan mengirim resume ketiga ini yang dikerjakan setelah perjalanan ke luar daerah.

Comments

Popular posts from this blog