Menjadi Penulis dari Penerbit Mayor

Resume ke : 21

Gelombang : 29

Tanggal : 11 Agustus 2023

Tema : Menjadi Penulis dari Penerbit Mayor.

Narasumber : Joko Irawan Mumpuni, S.Pd.

Moderator :Lely Suryani, S.Pd.SD.

 

Nara sumber adalah Direktur Penerbitan Andi. Senang sekali bisa menerima materi langsung dari beliau. Nara sumber dapat dihubungi di berbagai platform media social seperti FB, IG, Twitter, Linkedln, Google Schollar.

 

MENULIS BUKU YANG DITERIMA PENERBIT MAYOR.

 

Penerbit merupakan industry kreatif berkolaborasi dengan insane kreatif yaitu Penulis, Editor, Layouter, Ilustrator, Desain Grafis.

 

Problem usaha penerbitan:

Pandemi

Disintermediation

Perubahan kurikulum

Perubahan proses pembelajaran kampus dan sekolah

Persaingan dunia penerbitan mengarah pada perang harga

Perubahan kebiasaan pelanggan

Penerapan marketing 5.0

 

Semua ini merupakan bagian dari industry kreatif penerbitan yang mengarah pada publisher 5.0 yang memanfaatkan teknologi IT untuk menerbitkan karya-karya inovatif.

 

Dua kategori besar jenis buku adalah buku teks (buku sekolah-kampus) dan buku nonteks (buku populer).

Buku sekolah disebut buku pelajaran dan kampus disebut buku Perti (Perguruan Tinggi).

Buku nonteks dibagi dua menjadi fiksi dan nonfiksi.

Buku sekolah dibagi menjadi buku SD, SMP, SMA, SMK, Buku Latihan.

 

Marketing 5.0 adalah aplikasi teknologi yang meniru manusia untuk menciptakan, mengomunikasikan, emnyimpulkan dan meningkatkan nilai di seluruh perjalanan pelanggan.

Pemasaran 5.0 disebut juga teknologi berikutnya, yang merupakan sekelompok teknologi yang bertujuan untuk meniru kemampuan pemasar manusia. AI, NLP, Sensor, Robotika, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), IoT dan blockchain. Kombinasi dariteknologi adalah pengaktifan Marketing 5.0

 

Terkait dengan tulis menulis, kita berusaha pada level teratas yaitu mampu melakukan.

Literasi bangsa masih banyak dikeluhkan disbanding Negara lain sekawasan.

 

Penulis yang diterima Andi minimal memiliki sitasi 2.000.

Penulis pemula perlu menulis buku yang memiliki pasar besar, atau menulis bareng dengan penulis yang telah memiliki reputasi.

 Prof. Eko Indrajit sering menulis bareng dengan para pemula.

 

Kesimpulan pertanyaan jawaban

1.  Rosjida. Umumnya penerbit mayor tidak menerbitkan kumpulan puisi, kecuali penulisnya betul-betul terkenal dan melegenda. Kedua, Buku yang tidak sesuai harapan akan dijual murah, bahkan bila tidak laku akan dimusnahkan. Ketiga, Buku yang menggunakan chat GPT layak diterbitkan asalkan diberi sentuhan dengan edit dan revisi dari karya AI.

2.      Ahmad, Ambon. Penerbit yang menawarkan jasa terbit dengan syarat harus membeli buku mereka mungkin bertujuan ingin menolong penulis untuk mendapatkan KUM, sehingga targetnya bukan royalty. Kedua, Semua buku yang potensial laku di pasaran akan ditebitkan.

3.  Wahyuning, Jakarta. Buku siswa dapat diterbitkan penerbit mayor dengan syarat seperti di atas.

4. Soleh, Jakarta. Bila ingin menerbitkan modul SMK focus modul SMK seluruh Indonesia. Kedua, Untuk siswa sendiri menulislah maple khusus muatan local. Untuk muatan local perlu surat rekomendasi dari Bupati/Walikota.

 

“Teruslah menulis, pasti ada manfaatnya”

-Joko Irawan Mumpuni-

 

Terima kasih kepada Bapak : Joko Irawan Mumpuni, S.Pd.  atas bimbingan dan materinya. Semoga sukses dan sehat selalu. Ilmu yang diberikan menjadi berkah bagi kita semua. Aamiin.

Comments

Popular posts from this blog