Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Resume ke : 15

Gelombang : 29

Tanggal : 28 Juli 2023

Tema : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

Narasumber : Yulius Roma Patandean, S.Pd.,M.Pd

Moderator : Purbaiasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

 

Resume ke 15 mengenai bagaimana sebuah buku nyaman dibaca. Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis dengan Nara sumber Yulius Roma Patandean, S.Pd. Asal dari Tana Toraja Sulawesi Selatan 6 Juli 1984. Mengajar di SMAN 3 Tana Toraja. Berbagai prestasi telah diraih, di antaranya sebagai guru berprestasi dan guru kreatif. Peraih 2 medali emas Gurulympic tahun 2020.

 

Peserta KBMN pasti memiliki naskah yang disiapkan menjadi buku. Tentunya naskah tersebut sering dibaca untuk menentukan urutan bab, subbab, judul, dll. Naskah yang tertata baik memudahkan penulis menambah dan mengurangi, merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema.

 

Terdapat sejumlah aplikasi untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Mendeley dan Zotero contohnya.

 

Malam ini dengan MS Word dan fiturnya dapat membantu menyusun naskah buku secara sistematis. Caranya simak di https://youtu.be/jXPr59aWJSc dan  https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

 

Peserta mungkin memiliki cara dan trik tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun tidak ada salahnya mencoba di laptop menggunakan fasilitas yang telah ada.

 

Materi lebih dalam bisa dipelajari melalui tautan yang ada. Singkat, padat dan tentunya sangat membantu kecepatan pengolahan naskah dengan aplikasi.

 

Terima kasih kepada, Yulius Roma Patandean, S.Pd.,M.Pd, dalam keadaan sakit masih tetap bisa menyampaikan materinya. Terima kasih kepada moderator ibu Purbaiasita atas bimbingan dan materinya. Semoga kembali pulih dan sehat. Ilmu yang diberikan menjadi berkah bagi kita semua. Mohon maaf baru bisa mengirim resume ke 15 pagi ini.

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog