Om Jay yang Ramah dan Gaul

KBMN PGRI 29

Tugas Pertemuan 1

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Saya Budi Amal, guru Bahasa Indonesia telah 26 tahun bertugas di ujung timur Nusantara, tepatnya SMP Negeri 1 Wamena, Jayawijaya, Papua Pegunungan. Provinsi baru yang beberapa waktu lalu dimekarkan dari provinsi induknya yaitu Papua, sebuah provinsi terluas di Indonesia. Dahulunya bernama Irian Jaya dan sejak Era Gusdur  menjadi Papua. Awal pemekaran menjadi dua provinsi yaitu Papua dan Papua Barat. lalu Papua dimekarkan kembali menjadi empat provinsi, dan Papua Barat menjadi dua provinsi. sehingga kini menjadi enam provinsi.. Pemekaran provinsi di Papua mempertimbangkan faktor percepatan kesejahteraan dan pelayanan.

Awal mengikuti KBMN adalah ketika browsing menemukan flyer grup menulis berlogo PGRI diasuh oleh Om Jay. kesan pertama "ini bagus dan menarik, orangnya pasti ramah." Kata "Om" sangat familiar di Papua, kata yang menunjukkan kekerabatan dan sapaan akrab pada orang dewasa. Mirip dengan "kaka" bagi seorang yang lebih tua dan sebagai bentuk sapaan keakraban. Setelah menyimpan nomor HP yang tertera, langsung menghubungi Om Jay. spontan ada balasan dan cerita selanjutnya dimasukkanlah saya ke dalam grup KBMN PGRI sambil menunggu gelombang berikutnya.

Tibalah saat yang dinantikan pada minggu malam tautan melalui zoom dibagikan. "Aduh" spontan kekecewaan muncul dalam benak, Jaringan di sini belum mendukung, tidak seperti provinsi lainnya yang mungkin sudah lama menikmati kecepatan internet. Dengan selisih waktu 2 jam, sambil tekantuk-kantuk, membaca komentar dan mereka-reka apa yang terjadi. Namun hati senang sudah bisa mengikuti sesi pembukaan walau hanya lewat WA grup. sambil berharap di waktu berikutnya, dengan diluncurkannya satelit SATRIA, kami bisa mengikuti zoom tanpa kendala.

hari Senin pukul 10.00 malam waktu Indonesia Timur materi pertama disampaikan Om Jay beserta buku yang di"share". Sesi tanya jawab yang dipandu moderator ibu Raliyanti sangat menarik dan menginsiprasi. kembali saya menyerap berbagai materi dari tanya jawab tersebut. 

Selasa pagi ini saya baru bisa membaca ebook Om Jay, karena pertama, materi baru bisa terdownload esok harinya. Kedua, sejak hari Senin dan Selasa kegiatan kami dipadati oleh PPDB dan pembagian Rapor. Pagi ini barulah mulai membaca ebook Om Jay "Menulis Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi" buku yang sangat inspiratif yang lahir dari pengalaman dan perjalanan menulis Om Jay.

Sayang sekali, tulisan ini belum lengkap. kami harus ke sekolah dulu.


Pulau Papua banyak Cenderawasih

Indah parasnya bagai dari surga

Cukup sekian dan terima kasih

Tugas kedua kita akan jumpa







Comments

Popular posts from this blog